Waspadalah: Akses Internet Tidak Semua Sama

Internet Dedicated – Kesinambungan bisnis menjadi lebih penting dari sebelumnya, terutama di tengah krisis COVID-19 yang mengganggu operasional bisnis secara internal dan eksternal. Jika belum jelas, Anda sekarang tahu bahwa konektivitas internet yang andal sangat penting untuk bertahan hidup di dunia bisnis saat ini.

Internet Dedicated berkualitas tinggi membuat bisnis Anda tetap terhubung dengan pelanggan, mitra, dan staf, serta menjamin akses ke data dan aplikasi bisnis penting Anda kapan pun Anda membutuhkannya.

Namun, tidak semua koneksi internet dedicated adalah sama. Sangat penting untuk memahami perbedaan kritis dalam jenis sirkuit, keandalan, kecepatan, tingkat layanan, dan dukungan. Sebelum kita menggali perbedaan-perbedaan itu, mari kita mulai dengan apa sebenarnya akses internet dedicated, atau DIA, dan bagaimana perbedaannya dari broadband.

Apa itu Akses Internet Dedicated?

Akses Internet dedicated, atau DIA, adalah koneksi internet yang sepenuhnya didedikasikan untuk bisnis Anda.

DIA sangat bermanfaat bagi bisnis yang membutuhkan akses konstan ke aplikasi cloud atau sering melakukan streaming video atau webinar. Komunikasi apa pun – baik itu email bervolume tinggi, pesan instan, atau panggilan Zoom – ditingkatkan dengan kecepatan dan kapasitas DIA.
Bandwidth dedicated juga membuat transfer dan berbagi file menjadi lebih mudah— terutama jika file tersebut biasanya berukuran sangat besar (seperti di organisasi kreatif seperti agensi pemasaran, firma arsitektur, atau praktik teknik).

DIA vs. Broadband

Alternatif untuk internet dedicated adalah internet broadband. Koneksi internet shared, alias internet broadband (seperti kabel), meskipun biasanya lebih murah, digunakan bersama dengan pengguna lain, sehingga throughput lalu lintas lebih padat dan lebih lambat. Saat menggunakan DIA alih-alih broadband, bisnis memperhatikan perbedaan dalam kecepatan, keamanan, dan skalabilitas.

Kecepatan

Alasan No. 1 untuk mengamankan internet dedicated adalah agar kecepatan internet Anda tidak berfluktuasi. Misalnya, jika perusahaan Anda membeli layanan internet dedicated 100Mbps, Anda dijamin akan menerima 100Mbps. Ini juga simetris – artinya Anda mendapatkan 100Mbps untuk bandwidth download dan upload.

Namun, ketika berbicara tentang broadband, koneksi internet shared. Anda seperti bepergian melalui jalan raya yang sibuk. Ketika ada banyak lalu lintas di jalan raya, Anda membutuhkan waktu lebih lama untuk mencapai tujuan. Demikian pula, ketika koneksi internet Anda dibagikan, data Anda membutuhkan waktu lebih lama untuk melakukan perjalanan melintasi jaringan.

Sebaliknya, akses DIA seperti memiliki jalan raya semua untuk diri sendiri. Dengan DIA, koneksi internet sepenuhnya didedikasikan untuk lalu lintas data Anda saja. Bandwidth yang konsisten sangat penting jika perusahaan Anda menggunakan aplikasi waktu nyata seperti komunikasi terpadu, konferensi video, atau perangkat lunak kolaborasi, atau ketika perusahaan Anda memiliki pengguna jarak jauh, kantor cabang, atau kebutuhan operasional lainnya yang memerlukan koneksi selalu aktif.

Perlu diingat bahwa penyedia layanan broadband mengiklankan kecepatan maksimum mereka, yang mungkin dicapai ketika sangat sedikit orang yang menggunakan koneksi bersama itu. Dengan DIA, tidak ada fluktuasi kecepatan atau janji kecepatan. Ini seperti gerbang yang terbuka lebar setiap menit kerja setiap hari.

Keamanan

Semua bisnis peduli dengan keamanan data mereka. Banyak pelanggan menganggap DIA lebih unggul dari pada broadband dalam hal keamanan karena data bergerak dari satu titik ke titik lain dari pada ditransmisikan melalui saluran atau serat yang digunakan semua orang. Lebih sedikit entitas dengan akses ke jaringan Anda berarti lebih sedikit titik kegagalan potensial.

DIA sering disebut sebagai opsi “prioritaskan dan lindungi” karena alasan ini. Bisnis secara inheren lebih terisolasi dari ancaman saat menggunakan jaringan yang didedikasikan hanya untuk lalu lintas mereka.

Skalabilitas

Pikirkan akses internet dedicated sebagai sepenuhnya disesuaikan dan disesuaikan. Anda tidak hanya memulai dengan kapasitas yang Anda butuhkan, tetapi Anda juga dapat dengan mudah meningkatkan dan menurunkan skala. Bagi sebagian orang, fleksibilitas yang ditawarkan internet dedicated. Karena Anda menggunakan paket khusus yang dapat Anda ubah sesuai kebutuhan adalah alasan yang cukup untuk memilih rute DIA. Anda mendapatkan SEMUA bandwidth yang Anda bayarkan saat Anda membutuhkannya dan dapat menskalakan jaringan Anda saat kebutuhan Anda berubah.

Harga Akses Internet Dedicated

DIA terkadang lebih mahal dari pada broadband jika Anda hanya melihat biaya koneksi. Namun, ketika Anda mempertimbangkan keamanan, dampak kecepatan yang andal pada produktivitas, dan tingkat dukungan dan waktu aktif yang lebih tinggi, DIA yang didukung SLA memberikan pengembalian investasi (ROI) yang andal dan ketenangan pikiran.

Selain itu, DIA dapat berukuran tepat untuk perusahaan Anda melalui proses penawaran khusus pelanggan yang memberi Anda keseimbangan kecepatan dan keamanan terbaik untuk bisnis Anda. Jika anda memerlukan layanan internet dedicated access untuk bisnis anda agar dapat berjalan dengan lancara tanpa khawatir terkendala layanan internet yang kurang optimal, anda bisa berlanggan internet dedicated dari ACT Communications lakukan pemesanan melalui halaman web resmi di https://act.net.id/ atau melalui pesan whatsapp 0811-43-00-98.