Tips Sebelum Melakukan Persalinan Normal

 

Persanilan normal tidak menggunakan anestesi dan pembedahan. Metode persalinan ini dipilih karena tubuh akan lebih cepat pulih dibandingkan jika melakukan operasi caesar. Tetapi wanita yang melakukan persalinan normal harus tetap mendapatkan bantuan profesional sehingga proses persalinan akan lebih aman dan menurunkan resiko seperti operasi caesar. Namun memang ada beberapa kondisi medis yang membutuhkan operasi caesar.

Tips Melahirkan Normal

1. Baca tentang kehamilan dan melahirkan

Mempersiapkan diri menjadi seorang ibu sangat penting untuk melakukan persalinan normal. Pilihan didasarkan pada pengetahuan, bukan emosi atau ketakutan. Karena itu penting untuk mengetahui berbagai jenis informarsi sesuai dengan pengetahuan yang nantinya akan digunakan.

2. Temukan perawat yang tepat

Menemukan perawat yang tepat bisa menjadi persiapan yang baik sebelum memulai proses persalinan secara normal. Ini bisa mengurangi rasa cemas dan takut yang dirasakan karena sudah ada pelayanan yang baik yang diberikan oleh perawat.

3. Makan dengan baik

Asupan protein dan sayuran berdaun hijau yang tinggi serta mengurangi asupan gula dapat membantu mengurangi risiko penyakit terkait kehamilan dan meningkatkan kesehatan prenatal. Nutrisi ibu hamil yang terpenuhi juga menjadi persiapan sebelum persalinan normal.

4. Tetap bugar

Menjaga tubuh tetap bugar dapat membantu mengurangi kantuk, mencegah obesitas, menjaga stamina dan menjaga suasana hati tetap baik. Untuk wanita hamil yang tidak terbiasa olahraga, biasanya akan disarankan untuk melakukan olahraga yang ringan dan sedang secara rutin sebagai persiapan persalinan. Tidak perlu terlalu memaksakan diri. Jika lelah, sebaiknya istirahat dan bisa dilanjutkan lagi.

5. Pertimbangkan rencana kelahiran

Membuat rencana kelahiran di awal membantu ibu hamil mempersiapkan persalinan dengan lebih baik. Ini akan membantu Anda membuat keputusan saat melahirkan dan tidak akan membuatnya terlalu sulit nantinya sehingga mengurangi stress pada ibu hamil.

6. Ikuti kelas prenatal

Kelas persiapan kelahiran adalah bagian penting dari pengajaran dan pembelajaran tentang kehamilan dan persalinan untuk membuat seluruh proses menjadi pengalaman yang lebih baik dan aman. Ibu hamil dapat mempelajari informasi penting serta hubungan dan pengalaman dengan ibu hamil lainnya.

7. Belajar menghadapi kontraksi

Kejadian umum selama persalinan yang selalu mengganggu ibu hamil adalah saat mengalami kontraksi. Ketika mengalami kontraksi, ibu hamil disarankan untuk tetap rileks dan tidak perlu takut karena tubuh yang kaku dan tegang justru akan membuat kontraksi menjadi lebih sakit.

8. Minum banyak air

Minum air dapat membantu mengeluarkan racun dari tubuh Anda, mengencerkan urin Anda, dan mengurangi risiko ISK umum selama kehamilan. Dehidrasi dapat menyebabkan kelahiran prematur, jadi tetap terhidrasi sangat penting. Disarankan bagi ibu hamil untuk minum 10 gelas air putih sehari.

Kehamilan Sehat adalah klinik persalinan yang akan melayani persalinan selama 24/7 dengan pelayanan yang lengkap sejak 2016. Anda bisa menemukan temukan biaya persalinan disini! Cukup kunjungi https://kehamilansehat.com.