Pengembangan Pertanian untuk membangun pedesaan

Sebagai perusahaan yang cukup terkemuka, Nestle memang memiliki peran penting untuk mengembangkan pertanian. Melalui program CSV, Nestle sejak lama telah membantu para petani untuk menjadi pemasok lebih baik yang tentu saja dengan kondisi kesejahteraan yang lebih baik pula. Terkait dengan pengembangan pertanian, Nestle telah memiliki sejarah yang panjang dalam membantu para petani untuk menjadi mitra Nestle. Ada berbagai tempat yang dilakukan dan mendapatkan dampak positif terhadap kemajuan daerah secara keseluruhan sehingga hal ini memberikan dampak yang baik untuk mengembangkan pertanian masyarakat disuatu pedesaan untuk membangun desa mereka.

Peran Nestle CSV dan pengembangan pertanian untuk membangun desa

Untuk mengembangkan pertanian, semuanya diawali dengan program bantuan yang diberikan kepada petani atau peternak yang meliputi cara beternak yang baik, ramah lingkungan serta menggunakan sumber daya air yang efisien untuk menghasilkan bahan baku dengan produktivitas dan kualitas tinggi. Di Indonesia sendiri, terdapat 28.000 peternak yang tergabung dalam 29 koperasi yang ada di Jawa Timur telah menjalin kemitraan dengan Nestle selama kurang lebih 30 tahun. Disini, kami memberikan bantuan teknis dan finansial untuk para petani dan peternak untuk bisa menghasilkan susu dalam jumlah yang lebih besar dan kualitas baik dengan menggunakan daya yang lebih efisien.

Dengan pengembangan pertanian yang tepat, pada akhirnya berdampak positif terhadap lingkungan dan tentu saja meningkatkan pendapatan peternak. Setiap harinya juga lebih dari 400.000 liter susu dikirim ke pabrik Nestle di daerah Pasuruan Jawa Timur. Sementara berkaitan dengan pertanian ada kaitannya dengan bantuan teknis dan pendampingan kepada petani kopi yang ada di daerah Lampung yang saat ini jumlahnya mencapai 9.000 petani. Bantuan yang diberikan juga mencakup penyediaan bibit kopi unggul melalui penelitian dan demplot serta teknik pemeliharaan tanaman dan panen. Selain itu, pengadaan infrastruktur dan upaya peningkatan kualitas serta harga pendapatan petani kopi juga diperhatikan sehingga di bidang pembangunan pedesaan Nestle tidak henti-hentinya mengupayakan bantuan teknis serta bimbingan pertanian kepada para petani.

Hal penting yang didapatkan dari program ini adalah perubahan pola pikir dan perilaku dari masyarakat petani yang perlahan-lahan ditanamkan. Mengingat begitu tingginya kendali mutu yang ditetapkan, bukan saja oleh perusahaan akan tetapi oleh kalangan industri serta petani secara luas.

Dengan kata lain, untuk melakukan pengembangan pertanian hal yang paling penting dilakukan adalah dengan meningkatkan profesionalisme pada para petani. Dengan terbentuknya profesionalisme maka tentunya bisa diharapkan untuk mampu menjadikan mereka sebagai pemasok yang berkualitas tinggi dan bisa dipercaya. Selain memberikan kemampuan bagi para petani dalam menghasilkan bahan baku berkualitas tinggi dan harga yang bersaing, kami dengan program CSV juga akan secara nyata mengarahkan para petani untuk mampu meningkatkan kualitas hidup mereka.