Pengaruh Fintech Terhadap Perbankan

Teknologi finansial online atau fintech saat ini memang semakin banyak diminati. Hal ini dikarenakan kemudahan yang ditawarkan oleh fintech itu sendiri. Kondisi tersebut tentunya akan berdampak langsung pada industri perbankan. Ada beberapa pegaruh teknologi finansial pada perbankan tersebut.

Pengaruh Fintech Terhadap Perbankan

Berikut ini ada beberapa faktor yang mempengaruhi fintech terhadap perbankan di Indonesia. Untuk lebih jelasnya, silahkan Anda simak ulasan lengkapnya berikut ini.

  1. Transaksi di Teller Berkurang

Jumlah nasabah yang melakukan beragam transaksi secara langsung melalui teller tentunya akan menurun dengan adanya fintech ini. Hal ini dikarenakan penggunaan teknologi online banking yang bisa memberi beragam kemudahan transaksi tanpa haru datang langsung ke bank.

  1. Akses 24 Jam Selama Seminggu Penuh

Transaksi perbankan secara online bisa dilakukan kapan saja dan dimana saja. Namun, tanpa Anda harus terpaku pada waktu tertentu. Hal ini tentunya akan lebih memudahkan para nasabah untuk bisa melakukan sejumlah transaksi perbankan pada akhir pekan ketika bank sudah tutup.

Dengan begitu, maka pihak bank tidak perlu memberikan tugas lembur untuk para karyawannya.

  1. Tindak Pencurian Data Nasabah Bank yang Terus Meningkat

Informasi milik nasabah memang banyak tersimpan dalam database perbankan online. Hal inilah yang kemudian memicu aksi pencurian identitas oleh para pelaku tindak kejahatan internet dengan teknik phising.

Nah, untuk mencegah agar pecurian data ini tidak terjadi, maka pihk bank pun memiliki kewajiban untuk meningkatkan fitur keamanan miliknya.

  1. Integrasi Keuangan

Perkembangan akktivitas online banking memang kini sudah bisa menarik banyak perhatian dari lembaga yang berada di luar industri perbankan konvensional. Sayangnya, layanan ini tidak pernah tunduk pada peraturan pemerintah, sehingga bisa memberikan aturan yang jauh lebih mudah dengan proses instan bagi para peminjamnya.

Dampaknya adalah semakin banyak orang yang beralih ke pinjaman online daripada harus meminjam uang secara langsung di bank, terlebih dengan aturannya yang jauh lebih rumit, serta prosesnya yang cukup memakan waktu.

Bagi Anda yang ingin lebih mengetahui apa saja pengaruh Fintech Indonesia terhadap perbankan, maka Anda bisa mengakses Dunia Fintech. Mengapa harus Dunia Fintech? Karena Dunia Fintech merupakan wadah informasi yang berisikan tentang fintech secara lebih lengkap dan lebih luas.