Orang Tua Anda Sulit Makan? Atasi Dengan Cara Ini!

Merawat lansia biasanya anda akan di hadapkan pada kondisi ataupun masalah kesehatan yang sering terjadi padanya. Hal ini biasanya akan membuat lansia mengalami kesulitan dalam memenuhi kebutuhan nutrisi dan gizi dalam tubuhnya. Ada banyak tips yang akananda dapatkan melalui internet ketika anda mencari tips mengatasi lansia yang kesulitan makan seperti mengkonsumsi susu pengganti makan lansia dll. Akan tetapi sebenarnya ada beberapa tips yang dapat anda lakukan ketika lansia yang anda rawat mengalami kesulitan makan dibandingkan mengkonsumsi susu pengganti bagi makan lansia tersebut.

Kenali terlebih dahulu masalah yang terjadi

Terkadang serorang lansia dia enggan makan karena merasa kesepian sehingga mempengaruhi pola makannya. Anda dapat mencoba dengan mengajaknya memasak bersama bisa dengan anda sendiri ataupun saudara ataupun temannya sehingga ia menjadi berselera lagi untuk mengkonsumsi makanan.

Selain itu ada juga yang karena kesulitan mengunyah, maka ajaklah ia untuk menemui dokter gigi. Ketika seorang lansia mengalami kesulitan dalam menelan maka cobalah untuk memberinya minum banyak air putih, apabila tidak membantu maka anda dapat membawanya ke dokter untuk pemeriksaan lebih lanjut.

Sedangkan apabila lansia yang anda rawat kehilangan nafsu makan karena berkurangnya kepekaan terhadap rasa dari makanan maka anda dapat mencoba menambahkan warna atau tekstur pada makanan agar terlihat lebih menarik.Anda juga dapat memberikan susu pengganti makan lansia yang tentunya akan membantu memenuhi nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh lansia.

Merasa seperti kekurangan makanan

Apabila lansia yang anda rawat merasa seperti kekurangan makanan maka anda dapat menambahkan beberapa cemilan sehat setiap hari seperti buah – buahan dan juga susu pengganti untuk makan lansia. Penambahan makanan ini akan sangat membantu anda mendapatkan lebih banyak nutrisi dan mengatasi kekurangan gizi yang anda alami. Dengan pemberian susu ini maka akan membantu dalam pemenuhan nutrisi pada tubuhnya sehingga akan tumbuh lansia yang energic dan lebih sehat.

Menderita suatu penyakit

Ketika anda merawat lansia yang mempunyai penyakit tertentu yang menyulitkan dia untuk memasak atau makan sendiri, maka anda harus lebih sabar dalam merawatnya. Anda dapat menanyakan pada dokter untuk mengatasinya. Mungkin dokter akan merekomendasikan terapi okupasi untuk membuat aktivitas makan nya lebih mudah. Di sinilah kesabaran anda benar – benar di uji. Anda harus lebih sabar dan lebih telaten dalam menjaga dan merawatnya karena apabila nada sudah kehilangan kesabaran ataupun ketelatenan anda maka akan menyakiti hati lansia yang anda rawat dan tentunya akan membuat kondisinya menjadi lebih buruk.

Itulah beberapa tips bagaimana mengatasi lansia yang mengalami kesulitan makan. Pemberiansusu pengganti makan lansia memang bagus akan tetapi langkah pertama adalah kenali dulu apa yang terjadi padanya agar penanganan yang akan berikan lebih tepat. Dengan mengetahui apa yang terjadi dengan baik dan benar tentunya penanganan yang anda berikan juga semakin tepat.