Mau Operasi Katarak? Cek SehatQ Dahulu

Mata merupakan aset penting yang dimiliki oleh setiap tubuh manusia. Kegunaan mata yang sangat berharga menjadikan mata sebagai bagian tubuh yang selalu harus dijaga kesehatannya. Pandangan mata kabur tentu akan mengganggu aktivitas. Bahkan dalam kondisi tertentu harus menggunakan tindakan medis untuk mengatasinya.

Salah satu masalah yang menimpa mata adalah katarak. Orang yang terindikasi menderita katarak, tidak sedikit yang mendambakan kesembuhan melalui operasi katarak. Setelah operasi katarak dilakukan, maka harapan untuk sembuh semakin besar. Disamping itu, memang hingga sekarang belum ada obat-obatan yang ditemukan untuk mengatasinya.

Penyakit mata katarak menjadi salah satu penyakit mata yang dapat menyebabkan kebutaan. Hal ini terjadi tidak hanya di Indonesia saja, akan tetapi juga seluruh dunia. Meningkatnya jumlah populasi orang lanjut usia, maka penderita penyakit ini juga akan mengalami kenaikan. Satu-satunya jalan yang bisa dilakukan hanya operasi katarak.

Operasi katarak merupakan operasi yang bertujuan untuk mengangkat serta mengganti lensa mata yang keruh dengan lensa mata buatan menggunakan alat khusus dengan harapan pandangan mata pasien bisa kembali baik. Operasi ini tergolong operasi yang aman serta jarang sekali menyebabkan komplikasi.

Memiliki pengalaman operasi katarak merupakan hal yang tidak terlupakan. Pasalnya, penyakit katarak menyebabkan lensa mata menjadi keruh dan akan bertambah keruh seiring berjalannya waktu. Operasi ini dilakukan oleh seorang dokter spesialis mata serta pasien operasi tidak memerlukan rawat inap, sehingga dapat pulang di hari yang sama.

Tanda-Tanda Harus Melakukan Operasi Katarak

Tanda atau gejala ringan yang muncul di mata belum disarankan untuk melakukan operasi mata. Akan tetapi apabila gelaja yang timbul adalah seperti di bawah ini, maka sangat disarankan untuk melakukan operasi. Berikut ini gejala yang mengharuskan seseorang melakukan operasi:

1.       Kesulitan untuk membedakan warna

2.       Pada malam hari terdapat gangguan pada penglihatan

3.       Pandangan mata menjadi kabur

4.       Terjadi penglihatan yang ganda

5.       Menderita rabun jauh

Apabila tanda-tanda di atas telah Anda alami, maka disarankan untuk segera menemui dokter untuk tindakan pengobatan yang lebih intensif.

Jenis-Jenis Operasi Katarak

Penggantian lensa mata yang rusak dengan lensa mata buatan yang baru dengan menggunakan alat yang khusus merupakan tindakan medis berupa operasi untuk penderita penyakit katarak. Berikut ini adalah beberapa jenis tindakan medis berupa operasi untuk penderita penyakit katarak:

1.      Teknik Fakoemulsifikasi

Teknik atau metode ini merupakan teknik paling umum untuk operasi katarak. Teknik ini dilakukan dengan membuat sayatan kecil pada lokasi di mana katarak bisa tumbuh. Kemudian dokter memasukkan alat kecil khusus untuk menghancurkan katarak serta menariknya keluar.

2.      Teknik Laser

Teknik atau metode operasi yang satu ini tergolong operasi yang mutakhir. Laser digunakan untuk membuat seluruh sayatan serta memecahkan katarak. Hal tersebut dilakukan agar katarak lebih mudah dihancurkan sekaligus diangkat.

3.      Teknik Ekstra Kapsular

Teknik ini cukup berbeda dengan teknik di atas. Dokter melakukan sayatan yang lebih besar pada mata. Kapsul serta lensa yang telah berkabut sehingga mengganggu aktivitas, maka dapat dihapus. Teknik ini memang dikhususkan bagi penderita katarak yang penyakit ini telah menutupi sebagian besar dari lensa mata.

4.      Teknik Intracapsular

Sayatan besar juga dilakukan pada teknik ini. Tujuan dari sayatan besar tersebut adalah untuk mengeluarkan kapsul utuh serta lensa katarak. Operasi jenis ini sebenarnya jarang sekali dilakukan.

SehatQ memberikan pelayanan tindakan medis yang dapat dipesan. Kemudahan tersebut dapat Anda dapatkan hanya di SehatQ. Tidak hanya itu, bahkan jajaran dokter yang profesional akan membantu Anda dengan baik.

Tindakan medis di SehatQ juga menyediakan operasi katarak. Masalah penglihatan Anda akan teratasi dengan baik dengan hadirnya SehatQ. Ingin operasi katarak? Layanan medis tersebut bisa Anda dapatkan dengan membaca informasi lengkap SehatQ.