Manfaat Berbuka Puasa Dengan Es Buah. Ini Resep Es Buah Sehat Dan Segar

Es buah seringkali menjadi menu andalan saat waktu buka puasa tiba. Lebih tepatnya bukan hanya karena es buah saja namun juga menu lain yang berbahan dasar buah – buahan segar.

Baik di rumah ataupun di warung – warung makan, menu pembuka saat berbuka puasa tidak akan jauh dari hidangan es buah. Ternyata berbuka puasa dengan es buah tujuannya tidak semata – mata hanya untuk menyegarkan dahaga saja, namun juga karena terdapat sejumlah manfaat jika kamu berbuka puasa dengan es buah.

Lantas apa saja manfaatnya? Simak ulasan dibawah ini !

  1. Mampu Mengembalikan Stamina Dan Menyegarkan Badan

Seorang ahli gizi mengungkapkan bahwa buah memiliki kandungan air sangat tinggi. Hal itu sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk membantu mengembalikan stamina setelah seharian melaksanakan puasa. Umumnya es buah terdiri dari beberapa jenis buah antara lain blewah, melon, semangka, buah naga, nanas, atau bahkan ditambahkan topping kurma.

Beberapa jenis buah yang menjadi bahan utama pembuatan es buah ini sangat tinggi kadar air dan antioksidan. Selain itu, buah – buahan juga kalorinya sangat rendah sehingga sangat aman dikonsumsi.

Manfaat pertama berbuka puasa dengan es buah adalah dapat menyegarkan badan dan mengembalikan stamina setelah seharian berpuasa. Es buah memang sangat baik untuk dikonsumsi sebagai menu pembuka puasa karena mengandung vitamin, mineral, dan serat didalam buah yang menjadi bahan utamanya.

  1. Mampu Mencukupi Kebutuhan Vitamin Harian

Kandungan vitamin yang ada didalam buah blewah lebih dari kandungan vitamin yang ada didalam mentimun. Vitamin yang terdapat dalam buah blewah, yaitu vitamin A. Vitamin A dalam setiap 100 gram buah blewah bahkan mampu mencukupi kebutuhan harian akan vitamin hingga 68 persen.

Sementara vitamin C yang terkandung didalam buah blewah sebanyak 36,7 mg atau bisa dibilang jumlah tersebut mampu mencukupi kebutuhan harian akan vitamin hingga 61 persen. Selain itu, buah blewah pun mengandung magnesium, tembaga, mangan, dan juga serat yang sangat baik untuk tubuh.

  1. Tambahkan Kurma Untuk Mengembalikan Stamina Dan Kenyang Lebih Lama

Alangkah baiknya kamu menambahkan kurma pada es buah buatanmu. Kurma adalah salah satu buah yang sangat dianjurkan oleh Rasulullah SAW untuk dikonsumsi sebelum makan apapun pada saat berbuka puasa.

Anjuran dari Rasulullah tersebut bukanlah tanpa alasan, beliau menganjurkan untuk mengonsumsi buah kurma karena kandungan nutrisi yang ada didalamnya sangat baik untuk membantu mengembalikan stamina dan membuat perut terasa kenyang lebih lama.

Nah, agar terdapat keseimbangan dan nutrisi tetap sampai ke tubuh. Maka tata cara pembuatan es buah dibawah ini harus kamu perhatikan ! Adapun resep pembuatan es buah sehat adalah sebagai berikut :

  1. Bahan – Bahan
  • Buah semangka
  • Buah melon
  • Buah blewah
  • Biji selasih
  • Jeruk nipis
  • Nutrijel
  • Susu Kental Manis (SKM)
  • Gula dan sirup Marjan
  1. Cara Membuat
  • Potong – potong buah semangka, blewah, dan juga melon dengan ukuran yang sesuai keinginanmu. Kamu bisa memotongnya menjadi ukuran dadu – dadu kecil.
  • Kemudian, campurkan buah – buahan yang sudah dipotong – potong tadi kedalam satu wadah.
  • Selanjutnya tambahkan biji selasih, Nutrijel, Susu Kental Manis, dan gula atau sirup Marjan secukupnya.
  • Terakhir perasakan jeruk nipis pada es buah dan es buah segar nan nikmat pun siap dihidangkan.

Agar lebih nikmat kamu bisa tambahkan lagi Susu Kental Manis dan juga kurma sebagai topping es buah yang segar dan sehat.