Jenis Makanan Yang Mengandung Protein Hewani Terbaik

Manusia membutuhkan nutrisi yang cukup bahkan mulai masih di dalam kandungan. Salah satu nutrisi yang sering Anda dengar mungkin yaitu protein hewani. Protein hewani diperlukan bagi manusia asalkan tidak dikonsumsi secara berlebihan. Jenis makanan yang mengandung protein hewani terdiri dari banyak pilihan.

Protein hewani berguna untuk pembuatan dan perbaikan berbagai jaringan tubuh. Keuntungan dari protein hewani adalah mengandung lebih banyak asam amino esensial daripada protein nabati. Protein hewani juga mengandung banyak nutrisi seperti vitamin B12, vitamin D, zat besi, dan asam lemak omega-3.

Jenis Makanan yang Mengandung Protein Hewani

1. Ikan salmon

Ikan salmon mengandung lebih banyak protein hewani dibandingkan jenis ikan lainnya. 100 g salmon mengandung 20,4 g protein. Selain protein, ikan ini juga mengandung bahan lain seperti vitamin D dan asam lemak omega-3.

2. Daging ayam

Daging ayam mengandung protein hewani yang sangat tinggi. Sangat penting untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi dan anak. Ada 31 gram protein hewani per 100 gram ayam. Daging ayam juga mengandung antioksidan dan berbagai nutrisi lainnya seperti zat besi, selenium, magnesium, vitamin B6, fosfor dan vitamin yang lain.

3. Telur

Telur kaya akan protein hewani yang lengkap daripada banyak sumber protein hewani lainnya. Kandungan protein hewani tertinggi terdapat pada putih telur. Selain protein, telur mengandung nutrisi lain seperti asam lemak omega-3, vitamin, mineral, dan antioksidan.

4. Daging merah

Daging merah atau daging sapi tanpa lemak adalah salah satu sumber protein hewani yang paling kaya. Dalam 85 g daging sapi, kandungan proteinnya bisa mencapai 25 g. Daging tanpa lemak juga mengandung beberapa nutrisi lain seperti B3, B6, B12, seng dan zat besi.

5. Yoghurt

Jenis makanan yang mengandung protein hewani berikutnya yaitu yogurt. Pilih yogurt yang disaring untuk konsistensi yang lebih kental. 100g yogurt mengandung 10g protein. Bahan lainnya termasuk vitamin B, kalsium, asam laktat, seng, dan probiotik.

6. Keju

Produk susu lain yang mengandung protein hewani yaitu keju. Keju juga mengandung banyak nutrisi lain seperti vitamin A, B2, B12, magnesium, kalsium, fosfor, dan seng. Proteinnya sendiri adalah 25 gram per 100 gram keju.

7. Susu sapi

Produk susu seperti yogurt dan keju memang termasuk protein hewani, susu juga tentunya termasuk sebagai sumber utamanya. Susu mengandung banyak nutrisi yang cukup. Contohnya termasuk asam amino esensial, minyak ikan, omega-3, omega-6, zat besi, seng, protein, kalsium, magnesium, vitamin D3 dan bahkan mineral. Oleh karena itu, susu sangat bermanfaat untuk kesehatan tulang.

Dari jenis makanan yang mengandung protein hewani, Anda bisa tetap mengonsumsi susu bukan hanya untuk memenuhi kebutuhan protein namun juga kebutuhan nutrisi penting lainnya terutama untuk anak-anak yang sedang dalam masa tumbuh kembangnya dengan mengonsumsi Nestle Dancow.