Ini Kisaran Harga Pulley dan Penjelasan Penggunaannya

 

Pernahkah Anda mendengar tentang pulley? Pulley atau puli adalah salah satu alat yang sering digunakan pada sebuah industry ataupun kendaraan bermotor. Pulley ini berbentuk bundar dan biasanya selalu berpasangan dengan belt atau sabuk. Sebelum mengetahui harga jual pulley, ada baiknya mengetahui lebih dalam tentang alat yang satu ini.

Tentang Pulley

Biasa dikenal dengan nama Puli, alat yang satu ini biasanya memang digunakan untuk mengangkat beban. Jika Anda mengetahui sistem katrol, puli ini adalah salah satu alatnya. Bentuknya bundar dan pada bagian tengahnya ada cekungan.

Pada bagian cekung ini biasanya akan diletakan tali atau belt dan nantinya akan disambungkan dengan mesin atau pun alat lainnya. Maka tidak heran jika pulley ini selalu dijual beserta dengan sabuk atau beltnya. Karena memang pulley tidak dapat bekerja sendiri tanpa adanya belt tersebut.

Fungsi pulley pun bermacam-macam, berikut ini adalah fungsinya:

  • Mentramisikan daya gerak ke komponen yang ingin digerakan.
  • Untuk mereduksi gaya putaran.
  • Mempercepat gaya putaran.
  • Menambah dan mengurangi torsi.

Bahan Material Pulley

Pulley juga dibuat dengan menggunakan beberapa bahan material, seperti dari plastic, besi, alumunium ataupun besi tuang. Perbedaan bahan yang digunakan bergantung dari pengaplikasian pulley itu sendiri, semisalnya untuk mengangkat beban, mesin bubut, mesin giling padi, compressor dan lain sebagainya.

Harga Pulley Mini

Salah satu produk pulley yang paling banyak digunakan adalah mini pulley. Jenis yang satu ini biasanya digunakan untuk mengangkat atau menurunkan beban yang ringan dari ketinggian tertentu. Adapun keunggulan dari produk mini pulley ini, berikut adalah keunggulannya:

  • Ringan karena terbuat dari bahan nikel.
  • Dapat menggunakan tali statis.
  • Dapat menggunakan simpul gesekan.
  • Kapasitas bisa untuk 30 kg hingga 300 kg.
  • Mudah digunakan
  • Memiliki desain yang efisien, ringkas dan mudah disimpan.

Dari keunggulan di atas, mini pulley cocok untuk digunakan pada sector industry rumahan, kebun atau tanaman bahkan di atas kapal. Tidak hanya industry saja, mini pulley ini juga sering digunakan untuk hal-hal umum seperti penggunaannya untuk kerek bendera atau pun sangkar burung. Jadi, secara garis besar mini pulley adalah katrol yang paling banyak digunakan untuk kehidupan sehari-hari.

Untuk ukurannya sendiri bergantung dari kebutuhan yang Anda perlukan, di mana ada beberapa ukuran dari diameter 20 cm, 30 cm hingga 40 cm. Semakin besar ukuran dari pulley, maka beban yang dapat ditanggung pun juga akan semakin besar. Untuk kebutuhan industry besar, biasanya pulley yang digunakan mampu mengangkat beban hingga 1 ton.

Harga pulley dengan ukuran mini ini sendiri beragam, di mulai dari 23 ribuan rupiah hingga 100 ribuan rupiah. Tergantung dari bahan yang digunakan serta beban yang dibutuhkan untuk lebih detailnya anda lihat harga pulley disini!