Ingin Bikin Jersey Sepeda? Inilah Beberapa Bahan yang Bisa Dipilih

Seseorang yang hendak membuat jersey sepedanya sendiri tentu ingin membuat baju tersebut senyaman mungkin ketika dipakai. Tentunya untuk membuat pakaian bersepeda yang nyaman banyak hal yang perlu diperhatikan salah satunya adalah bahan. Berikut ini adalah daftar bahan yang bisa dijadikan pilihan dalam membuat jersey sepeda:

1. Wool

Bahan pertama yang dibahas disini adalah bahan berupa wool. Bahan berjenis ini cocok digunakan untuk bersepeda di jalur yang memiliki suhu rendah. Karakteristik dari wol yang hangat dapat mencegah pesepeda dari kedinginan, apalagi jika suhu dari jalur yang dilalui lebih rendah dari 15 derajat.

Jika terkena panas, kain wool ini dapat memberikan proteksi terhadap kulit dari sinar uv yang dikeluarkan oleh matahari. Ini membuat penggunaan dari kain wool dapat mencegah kulit terbakar. Bahan jenis ini juga sudah secara alami memberikan efek antibakteri, ini membuat keringat yang menempel pada pakaian tidak akan membuat bau yang tidak sedap.

2. Sintetik

Bahan kedua yang akan dibahas adalah bahan sintetik untuk jersey sepeda. Jenis bahan seperti ini tidak akan sama pada setiap pabrikan jersey. Tiap-tiap pabrikan  memiliki formulanya masing-masing dalam meracik bahan jersey yang akan dibuat. Umumnya bahan-bahan pilihan tersebut sudah melalui riset yang mendalam terlebih dahulu untuk membuat jersey tersebut nyaman.

Contohnya saja pada beberapa produsen jersey yang mahal, menggunakan beberapa lapis kain yang menyatu dalam satu jersey. Fungsinya membuat bahan jersey yang mereka buat menjadi semakin baik dan mengikuti pola tubuh sang pemakai. Belum lagi ditambah bahan seperti windproof untuk menambah baju menjadi lebih aerodinamis.

3. Polyester

Bagi yang ingin bikin jersey sepeda agar lebih terasa dingin dan tidak panas ketika di cuaca yang cukup tinggi suhunya, bahan polyester ini bisa jadi pilihan. Bahan seperti ini dikatakan cocok untuk mengeluarkan keringat karena mudah kering dan tidak membuat badan lembab. Selain itu bahan ini juga memiliki harga yang relatif lebih terjangkau.

Namun dibalik beberapa kelebihannya tersebut, bahan polyester ini juga mengandung beberapa kekurangan. Salah satu kekurangan yang terasa adalah feel saat memakainya yang kurang premium. Bahkan di beberapa bahan polyester yang murah terkesan seperti pakaian berbahan plastik.

4. Nilon

Bahan terakhir yang umum digunakan sebagai bahan jersey sepeda adalah nilon. Jenis bahan yang satu ini memiliki beberapa kelebihan seperti tingkat elastisitas yang baik, windproof. Bahkan pada beberapa bahan nilon berkualitas baik sudah memiliki kemampuan tahan air. 

Hal tersebut membuatnya cocok dijadikan sebagai jersey. Kekurangannya terletak pada perlakuannya yang khusus pada saat dicuci, karena jika salah bahan akan menyusut dan ditumbuhi oleh jamur. 

Nah itulah beberapa bahan yang bisa jadi pilihan ketika akan bikin jersey sepeda sendiri. Beberapa bahan diatas bisa dipilih sesuai karakteristik serta budget yang diinginkan. Tentu saja dengan mempertimbangkan kelebihan dan kekurangannya masing-masing.