Betapa Pentingnya Menggunakan Helm Safety Untuk Bekerja

Mengapa kita perlu melindungi kepala kita?

Kepala adalah bagian yang sangat halus dari tubuh manusia dan yang Anda andalkan setiap hari. Cedera pada kepala bisa sangat serius, itulah sebabnya perlindungan kepala sangat penting. Menurut statistik 2015-16 Eksekutif Kesehatan dan Keselamatan Inggris, 15 orang tewas di Inggris ketika terkena benda bergerak, jatuh atau terbang. Enam di antaranya berada di industri konstruksi.

Cedera kepala juga menyumbang satu dari 10 cedera non-fatal yang dilaporkan, yang masih dapat memiliki efek yang mengubah hidup. Bahkan setelah cedera kepala ringan, fungsi otak dapat terganggu sementara, sesuatu yang sering disebut sebagai gegar otak. Hal ini dapat menyebabkan kesulitan seperti sakit kepala, pusing, kelelahan, depresi, lekas marah dan masalah memori.

Sementara kebanyakan orang pulih dari gejala tersebut dalam waktu dua minggu, beberapa dapat mengalami masalah selama berbulan-bulan atau bahkan bertahun-tahun setelah cedera kepala ringan. Namun, ada kondisi yang lebih serius yang dapat terjadi akibat benturan di kepala seperti aneurisma otak dan pendarahan.

Apa sebenarnya pelindung kepala itu?

Helm safety merupakan salah satu bentuk Alat Pelindung Diri (APD). Tergantung pada bentuk perlindungan yang dipilih, dapat digunakan untuk mencegah atau mengurangi kerusakan pada tengkorak yang disebabkan oleh benturan benda jatuh atau terbang, melindungi pengguna dari sengatan listrik tegangan rendah dan memberikan perlindungan terhadap risiko terbentur kepala dan terjerat rambut. Biasanya melindungi area kulit kepala dan terkadang rahang dan tengkuk leher. Harga helm proyek cenderung murah.

Anda dapat menganggap pelindung kepala seperti crumple zone pada mobil Anda. Ini menyerap sebagian energi tumbukan dan menyebarkan waktu tumbukan. Ini juga mencegah tengkorak ditembus oleh benda yang menabraknya.

Jenis perlindungan yang Anda pilih akan menentukan perlindungan yang diberikannya kepada Anda. Anda harus ingat bahwa begitu sebuah benda mengenai pelindung kepala, benda itu harus diganti.

Jika Anda seorang majikan yang mencari perlindungan kepala untuk pekerja Anda tetapi Anda tidak yakin tentang apa yang Anda butuhkan, tempat yang baik untuk memulai adalah peraturan APD negara Anda sendiri. Misalnya, di Inggris kami memiliki Alat Pelindung Diri (APD) di Peraturan Kerja 92, yang menggantikan Peraturan Konstruksi (Perlindungan Kepala) sebelumnya 1989. Peraturan ini menetapkan persyaratan berikut.

APD harus digunakan sebagai upaya terakhir. Tetapi setiap kali ada risiko terhadap kesehatan dan keselamatan yang tidak dapat dikendalikan secara memadai dengan cara lain, peraturan Inggris tahun 92 mewajibkan APD untuk dipasok.

Mereka juga mensyaratkan bahwa APD adalah:

– Dinilai dengan benar sebelum digunakan untuk memastikannya sesuai dengan tujuan

– Dipelihara dan disimpan dengan benar

– Dilengkapi dengan instruksi tentang cara menggunakannya dengan aman

– Digunakan dengan benar oleh karyawan

Selain itu, semua APD termasuk pelindung kepala harus:

– Sesuai dengan risiko dan lingkungan kerja

– Mempertimbangkan kesehatan pengguna, ergonomi, faktor kecocokan dan kompatibel dengan item APD lain yang diperlukan untuk dipakai seperti body harness, sepatu safety, sarung tangan dll.

– Kendalikan risiko yang ditimbulkan oleh bahaya secara memadai tanpa meningkatkan risiko keseluruhan yang dialami oleh pekerja – misalnya, kacamata yang akan digunakan di lingkungan yang panas dan karena itu mengeluarkan uap sehingga sulit dilihat

– Disediakan secara gratis jika disediakan untuk alasan kesehatan dan keselamatan yang berhubungan dengan pekerjaan

– Dipelihara dengan baik dan disimpan dengan benar (dalam praktiknya, untuk pekerja lapangan, mungkin perlu menyediakan koper atau wadah lain untuk mencegah kerusakan APD dalam perjalanan)

– Mematuhi undang-undang yang relevan yang menerapkan Arahan Eropa mengenai desain dan pembuatan