Berapa Takaran Kopi yang Pas Untuk Konsumsi Aman Setiap Hari?

Sebagai salah satu minuman yang paling populer di dunia, kopi adalah salah satu minuman yang paling banyak diseduh setiap hari. Memang, selain rasanya yang nikmat, kopi juga kaya akan manfaat terutama untuk kesehatan tubuh. Hanya saja, Anda perlu mengetahui takaran kopi yang pas untuk konsumsi aman setiap hari.

Perlu diketahui bahwa meskipun memiliki manfaat yang baik bagi tubuh, ada batasan mengenai takaran konsumsi kopi setiap hari. Pola konsumsi kopi yang terlalu banyak justru bukannya menyehatkan tubuh, melainkan akan menyebabkan masalah pada kesehatan, terutama lambung.

Batasan Takaran Konsumsi Kopi Setiap Hari

Lalu, berapa batasan takaran konsumsi yang aman setiap hari?

Nah, pertanyaan tersebut tentu bisa menjadi patokan bagi Anda untuk merumuskan takaran kopi yang tepat untuk konsumsi harian. Dikutip dari beberapa sumber, secara umum, batas aman konsumsi kopi setiap hari baik bagi pria dan wanita dewasa adalah sekitar 4 cangkir. Asumsinya, ada sekitar 400mg kafein yang akan masuk ke dalam tubuh.

Namun, tentu saja, batasan tersebut bisa saja berbeda tiap orang. Untuk ibu hamil, misalnya, batasan takaran kopi untuk konsumsi harian yang disarankan adalah hanya sekitar 2 cangkir sehari dengan kandungan kafein sekitar 200mg.

Selain batasan takaran tersebut, kopi yang baik adalah kopi yang disajikan tanpa tambahan apapun termasuk gula. Hal ini dikarenakan tambahan bahan bisa merusak nutrisi yang terkandung di dalam kopi.

Apa Manfaat Minum Kopi Murni Untuk Kesehatan?

Sebagaimana disinggung di awal bahwa kopi yang baik adalah kopi yang dikonsumsi tanpa adanya tambahan apapun atau kopi murni. Jika Anda terbiasa minum kopi murni, maka ada beberapa manfaat kopi yang baik untuk kesehatan.

Adapun beberapa manfaat kopi bagi kesehatan diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Meningkatkan daya ingat

Salah satu manfaat terbesar dari konsumsi kopi muri adalah meningkatkan daya ingat. Manfaat ini didapatkan dari kafein yang terdapat di dalam kopi.

Nah, kandungan kafein, secara ajaib bisa merangsang neuron otak untuk bekerja dengan lebih optimal. Dengan demikian, seseorang pun nantinya akan memiliki ingatan yang cenderung lebih baik.

  • Mencegah depresi

Manfaat lain dari pola konsumsi kopi murni yang teratur setiap hari adalah pencegahan yang lebih maksimal dari depresi. Dalam sebuah penelitian yang dilakukan, dikemukakan bahwa biji kopi memiliki kandungan anti-depressant.

Dengan kandungan ini, kopi mampu memperbaiki mood dari seseorang. Tentu saja, secara tidak langsung, nantinya kopi akan membuat suasana hati menjadi lebih gembira dan depresi bisa ditanggulangi.

Beberapa poin di atas adalah manfaat yang didapatkan dari konsumsi kopi hitam murni secara teratur. Tentu saja, ada lebih banyak manfaat kopi lainnya jika Anda melakukan konsumsi secara konsisten. Hanya saja, perhatikan takaran kopi saat mengonsumsi dan jangan berlebihan.