Benarkah Pisang Sebabkan Susah Buang Air Besar? Ini Penjelasannya!

Pisang merupakan buah yang bisa dinikmati yang tidak hanya lezat tetapi juga bisa memberikan manfaat kesehatan yang bisa dirasakan. Buah ini dikenal bagus sebagai buah yang dikonsumsi ketika sedang diet. Sehingga bagi yang ingin menurunkan berat badan bisa memilih diet pisang dengan menu yang sehat. Walaupun begitu, pisang juga dikenal merupakan buah yang dapat menjadi penyebab seseorang mengalami buang air besar atau sembelit.

Kandungan Pisang

Buah pisang sebenarnya mempunyai banyak manfaat untuk membantu menjaga kesehatan. Buah ini bermanfaat untuk menjaga saluran cerna, meredakan tukak lambung, mengurangi mual ketika sedang hamil, mengurangi resiko terkena penyakit ginjal, mencegah kerusakan sel dan jaringan tubuh, dan dapat dijadikan sebagai sumber energi yang dibutuhkan oleh tubuh. Hal tersebut tentunya tidak lepas dari kandungan yang ada di dalam buah ini yang bekerja untuk menjaga kesehatan tubuh. Buah pisang mengandung banyak vitamin dan mineral yang baik untuk kesehatan. Mulai dari vitamin B6, vitamin C, vitamin A, riboflavin, niacin, zat besi, kalium, mangan, dan juga asam folat. Dalam satu pisang juga mempunyai 30 karbohidrat, 110 kalori, dan 3 gram serat.

Hubungan Pisang dan Susah Buang Air Besar

Walaupun baik untuk pencernaan, tetapi buah pisang dikenal lebih baik dikonsumsi ketika sedang diare. Buah ini dapat menjadi salah satu diet ketika mengalami diare dengan manfaat dapat membuat feses menjadi lebih keras. Hal tersebut tentunya akan bermanfaat untuk mengatasi diare yang dialami oleh seseorang. Sebaliknya, pisang disarankan untuk tidak dikonsumsi ketika mengalami susah buang air besar atau sembelit. Pisang diyakini dapat membuat susah buang air besar walaupun kebenaran pernyataan tersebut belum bisa dibuktikan. Hubungan antara pisang dan susah BAB sendiri bisa dilihat dari survei yang dilakukan di Jerman. Survei dilakukan oleh orang yang mengidap Irritable Bowel Syndrome yang salah satu gejalanya adalah mengalami sembelit. Dari survei tersebut ditemukan bahwa 24-48% peserta mengalami susah BAB karena makan pisang.

Tips Mengonsumsi Pisang yang Tepat Agar Mencegah Sembelit

Pisang sebenarnya bagus untuk mengatasi gangguan pencernaan. Buah ini dapat membuat bakteri baik dalam pencernaan, sehingga hal tersebut akan mencegah terjadinya gangguan saluran pencernaan. Sama seperti bahan lainnya yang walaupun mempunyai kandungan yang baik untuk kesehatan, Anda tetap harus mengonsumsinya secara bijak. Termasuk juga mengonsumsi pisang yang tetap bisa dimakan tanpa harus khawatir mengalami susah buang air besar.

Beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menghindari sembelit bagi pecinta buah pisang adalah:

  • Pertama pilihlah jenis pisang yang tepat untuk dikonsumsi. Hindari buah pisang yang masih setengah matang dan juga kulitnya masih hijau. Hal tersebut akan membuat buah tersebut dapat menyebabkan konstipasi karena mempunyai kandungan pati yang susah untuk dicerna.
  • Pisang mempunyai kandungan serat yang tinggi, sehingga jangan mengonsumsinya terlalu banyak karena bisa menyebabkan sembelit.

Ketika mengalami sembelit, Anda bisa mengonsumsi bahan lainnya yang baik untuk mengatasi hal tersebut. Seperti dengan mengonsumsi wortel, brokoli, tomat, bayam, nasi merah, dan juga biji-bijian. Untuk mencegah gangguan pencernaan pastikan juga mengonsumsi pisang yang masih segar. Mendapatkan buah pisang segar tersebut sangat mudah karena bisa membelinya di TaniHub. Tempat ini menyediakan pembelian buah pisang dan buah lainnya secara online dengan pengiriman satu hari saja sampai rumah. Hal tersebut akan membuat buah yang diterima tentunya masih dalam keadaan segar dan enak untuk dinikmati.