Asuransi Jiwa: Jenis-Jenis Beserta Manfaatnya

Kematian memang suatu hal yang tidak bisa diprediksi kapan akan datang. Kita hanya bisa mempersiapkan diri apabila kematian akan datang menjemput suatu saat nanti. Salah satu persiapan yang bisa kita lakukan ialah dengan memastikan keluarga yang kita tinggalkan tetap tercukupi kehidupannya.

Hal tersebut bisa dilakukan dengan mendaftar sebagai peserta asuransi jiwa di PT Anugrah Atma Adiguna. Asuransi jiwa merupakan perlindungan bagi keluarga peserta polis asuransi apabila terjadi kematian. Peserta yang mendaftar sebagai pemegang polis asuransi jiwa umumnya akan membayar premi yang telah ditentukan secara berkala.

Nantinya, saat peserta tersebut meninggal dunia, uang tersebut akan diberikan kepada keluarga yang ditinggalkan sebagai uang pertanggungan atau UP.

Jenis-Jenis Asuransi Jiwa

Sebelum menjadi nasabah asuransi jiwa, ada baiknya untuk mengetahui apa saja jenis-jenis asuransi jiwa sebagai berikut:

Asuransi Jiwa Seumur Hidup (Whole Life Insurance)

Karakteristik utama dari jenis asuransi jiwa satu ini ialah memberi pertanggungan seumur hidup. Namun perlu diingat, hal ini berlaku selama polis masih aktif dan memberi manfaat pertanggungan sekaligus manfaat tabungan.

Asuransi jiwa seumur hidup terbagi lagi menjadi beberapa jenis, yaitu asuransi jiwa seumur hidup tradisional, survivor life insurance atau second-to-die life insurance serta asuransi jiwa seumur hidup gabungan (joint whole life insurance).

Asuransi Jiwa Berjangka (Term LifeI Insurance)

Sesuai namanya, asuransi jiwa berjangka memberikan pertanggungan dalam jangka waktu tertentu atau biasa disebut jangka waktu polis (policy term). Manfaat polis ini hanya akan dibayarkan apabila tertanggung meninggal dunia dalam jangka waktu yang sudah ditentukan selama polis masih berlaku.

Apabila nasabah ternyata menghentikan keaktifan asuransinya, otomatis polis akan terhenti dan perusahaan tidak lagi memiliki kewajiban memberi pertanggungan.

Asuransi Unit Link

Jenis asuransi ini merupakan gabungan antara pertanggungan jiwa dan investasi. Premi yang kita bayar nantinya akan teralokasi menjadi premi dasar untuk uang pertanggungan dan premi investasi.

Dana dari premi investasi tersebut akan dikelola oleh manajer investasi. Dengan memilih asuransi unit link, kita akan mendapatkan dua keuntugan sekaligus, yakni uang pertanggungan dan profit investasi.

Asuransi Jiwa Dwiguna (Endowment Insurance)

Asuransi jiwa dwiguna memberikan manfaat tertentu dengan dua kondisi, apakah tertanggung meninggal selama jangka waktu atau hidup sampai akhir jangka waktu pertanggungan.

Umumnya, polis pertanggungan jiwa dwiguna ini mempunyai waktu jatuh tempo. Di mana ini merupakan batas waktu bagi perusahaan asuransi untuk membayarkan uang atau dana pertanggungan pada pemegang polis apabila tertanggung ternyata masih hidup.

Manfaat Asuransi Jiwa

Berikut ini beberapa manfaat yang bisa kita dapat apabila menjadi nasabah asuransi jiwa, di antaranya:

Menjaga Kelangsungan Hidup Keluarga

Manfaat ini merupakan manfaat umum yang bisa diterima oleh tertanggung, yang mana bisa saja mengalami berbagai risiko musibah di masa depan. Misalnya, kepala keluarga meninggal akibat kecelakaan sehingga kehilangan mata pencaharian. Keluarga yang ditinggalkan masih bisa memenuhi kebutuhan hidup dengan adanya uang pertanggungan dari asuransi.

Manfaat Tambahan Investasi

Apabila kita memiliki produk asuransi jiwa unit link, premi yang dibayarkan tidak hanya dialokasikan untuk asuransi saja. Melainkan juga mendapatkan manfaat asuransi jiwa berupa investasi.

Biaya Pendidikan Tercapai

Tidak ada yang bisa memastikan, sampai kapan orang tua akan mampu membiayai pendidikan anak-anaknya. Asuransi jiwa hadir menjadi solusi agar peserta pemegang polis mendapatkan uang pertanggungan untuk biaya pendidikan anaknya di masa depan, jika terjadi sesuatu pada peserta.

Sebagai Persiapan Pensiun

Jika kita membeli produk asuransi jiwa dwiguna dan unit link, tidak hanya akan mendapatkan perlindungan jiwa. Kita juga terbantu untuk mengakumulasikan dana persiapan pensiun nantinya.

Demikianlah ulasan tentang jenis-jenis dan manfaat dari asuransi jiwa. Kita bisa mendaftarkan asuransi jiwa ke perusahaan penyedia asuransi PT Anugrah Atma Adiguna. Selain asuransi jiwa, ada juga asuransi mobil dan asuransi kesehatan. Informasi lebih lanjut bisa dilihat di duitpintar.com. Semoga bermanfaat!