7 Manfaat Daun Afrika Untuk Kesehatan

Daun Afrika merupakan daun dari pohon kecil yang dapat mencapai ketinggian 10 meter dengan diameter batang mencapai 40 cm. Daunnya sangat lebar, berbentuk bulat telur dan tersusun secara spiral di cabang-cabang.

Sesuai dengan namanya, dilansir dari berita terkini daun Afrika ini memang berasal dari benua Afrika yang sangat populer digunakan sebagai obat tradisional di masyarakat Afrika, terutama di Nigeria. Karena memang daun Afrika ini memiliki beragam manfaat untuk kesehatan.

Berikut 7 manfaat daun Afrika untuk kesehatan yang harus anda ketahui :

1. Menghambat Pertumbuhan Sel Kanker

Manfaat daun Afrika yang pertama adalah untuk menghambat pertumbuhan sel kanker. Dalam hal ini, ada sebuah penelitian di laboratorium yang menunjukkan bahwa ekstrak daun Afrika ini bisa membunuh dan menghambat pertumbuhan sel kanker, seperti kanker payudara, kanker paru-paru, kanker darah, dan kanker prostat.

Selain itu, tanaman hijau ini juga diklaim mampu meningkatkan efektivitas kemoterapi dalam pengobatan kanker. Walaupun demikian, manfaat daun Afrika yang satu ini masih harus diteliti lebih lanjut.

Namun, anda tetap disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter jika hendak menggunakan tanaman herbal ini, jika sedang menjalani pengobatan kemoterapi.

2. Menurunkan Gula Darah

Manfaat daun Afrika selanjutnya adalah dapat menurunkan gula darah. Ada sejumlah riset yang menunjukkan bahwa daun Afrika sangat bermanfaat dalam menurunkan kadar gula darah dan menjaganya tetap stabil. Selain itu, tanaman dengan nama latinnya Vernonia amygdalina ini juga dapat memelihara fungsi pankreas dalam menghasilkan insulin serta menjaga efektivitas kinerja hormon tersebut.

Dengan demikian, daun Afrika sangat baik untuk mencegah terjadinya resistensi insulin dan penyakit dibetes tipe 2.

3. Mengobati Penyakit Malaria

Di benua asalnya di Afrika, tanaman ini telah digunakan sejak lama sebagai obat tradisional atau obat herbal untuk pengobatan malaria. Bahkan, beberapa studi pun telah menunjukkan bahwa ekstrak daun Afrika ini memang mampu membunuh parasit Plasmodium penyebab malaria.

4. Membasi Bakteri Penyebab Penyakit

Manfaat daun Afrika lainnya adalah dapat membasmi bakteri yang menyebabkan berbagai macam penyakit. Hal ini dikarenakan daun Afrika mengandung zat kimia yang mempunyai sifat antibakteri. Dengan begitu, ekstrak daun Afrika dapat membasmi dan mencegah pertumbuhan berbagai jenis bakteri yang seringkali menyebabkan infeksi, seperti Escherichia coli, Pseudomonas, dan Staphylococcus aureus.

Walaupun demikian, manfaat daun Afrika yang satu ini masih harus diteliti lebih lanjut.

5. Mengatasi Penyakit Hati

Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya bahwa daun Afrika ini bermanfaat untuk membunuh parasit, salah satunya adalah cacing. Ada sebuah penelitian yang menunjukkan bahwa ekstrak daun Afrika ini mampu membunuh telru dan larva cacing yang dapat menyerang saluran pencernan, misalnya cacing tambang dan cacing gelang.

Walaupun demkian, anda tetap harus berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu, apabila ingin menggunakan daun Afrika sebagai obat cacing.

6. Menjaga Kesehatan Hati

Menjaga kesehatan dan fungsi hati merupakan salah satu manfaat yang bisa anda dapatkan dari daun Afrika. Hal ini dikarenakan daun Afrika mengandung zat antioksidan dan antidarang yang sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan hati.

7. Mengontrol Tekanan Darah

Manfaat daun Afrika yang terakhir adalah dapat mengontrol tekanan darah. Hal ini dikarenakan tanaman ini mengandung antioksidan serta mineral yang cukup tinggi yang kedua zat tersebut sangat berperan penting dalam menurunkan tekanan darah serta menjaganya supaya tetap stabil. Maka dari itu, daun Afrika ini disebut sangat baik dikonsumsi untuk mengontrol tekanan darah.