6 Wisata Kuliner Pantai Ngobaran yang Patut Dicoba

Setelah puas menikmati panorama Pantai Ngobaran yang menakjubkan, biasanya para wisatawan juga berburu kelezatan kuliner khas daerah setempat. Kuliner andalan pantai adalah seafood, pantai ini memiliki salah satu kuliner yang jarang ditemui di tempat lain, sebagai berikut.

1. Warung yang Menyediakan Sajian Landak Laut

Salah satu kuliner unik yang ditawarkan kepada pengunjung Pantai Ngobaran adalah landak laut yang dijajakan di warung sekitar pantai. Namun, kuliner ini hanya hadir pada musim-musim tertentu.

Biasanya, landak laut dicari oleh warga ketika sore tiba, untuk dijadikan santapan di malam hari. Agar dapat dikonsumsi, duri landak laut dikepras terlebih dahulu sampai rata, lalu dipecahkan memakai sabit.

Setelah itu, daging di bagian dalam landak laut dicongkel. Biasanya, landak laut dimasak dengan garam dan cabai, lalu digoreng. Menurut warga sekitar, daging landak laut bertekstur kenyal dan lezat.

2. Aneka Resto yang Menjual Olahan Ikan

Selain dijadikan tempat wisata, penduduk sekitar juga mencari hasil tangkapan ikan atau laut di Pantai Ngobaran. Karena itu, tempat ini terkenal dengan sajian kuliner seafoodnya seperti ikan. Anda bisa memesan ikan sesuai selera yang diinginkan pada warung-warung yang dibuka penduduk sekitar pantai. Pilihan menu ikan yang bisa Anda pilih beragam, karena ikan tersebut ditangkap dari hasil laut.

3. Berbagai Tempat yang Menawarkan Masakan Kepiting

Olahan seafood yang satu ini memiliki cara pengolahan bermacam-macam, salah satunya kepiting bakar. Namun, memakan kepiting merupakan hal cukup menantang, karena Anda perlu menghancurkan cangkangnya yang keras terlebih dahulu, sebelum menikmatinya.

Tekstur daging kepiting lembut dan bercita rasa lezat, tidak heran kepiting menjadi salah satu seafood favorit. Anda bisa menikmati sajian kepiting dengan racikan bumbu khas penduduk sekitar pantai sambil menikmati suasana pantai yang menyejukkan.

4. Warung dengan Sajian Udang Besar dan Kecil

Udang adalah salah satu makanan laut yang populer di seluruh kalangan usia. Pengolahannya sendiri bermacam-macam, seperti digoreng, dibakar, udang saus tiram, dan sebagainya.

Selain udang, warung-warung sekitar pantai juga menyediakan lobster dengan pilihan pengolahan yang bervariasi. Ukuran lobster sendiri jauh lebih besar dibandingkan udang.

Dengan membeli aneka seafood yang dijual warung sekitar pantai, Anda turut membantu perekonomian penduduk sekitar. Tetapi, udang termasuk kuliner yang memiliki kadar kolesterol tinggi, jadi perlu dibatasi konsumsinya.

5. Hotel dan Resto di Sekitar Pantai yang Menyajikan Masakan Cumi

Seafood lainnya yang difavoritkan banyak orang adalah cumi, selain lezat, makanan ini juga bermanfaat bagi kesehatan. Anda bisa menemukan varian menu cumi di warung sekitar pantai, seperti cumi bakar dan sebagainya.

Harga dari olahan seafood di pantai ini, seperti standar harga kuliner wisata kebanyakan. Jadi, Anda tidak perlu ragu untuk mencoba kelezatan khas cumi yang diolah penduduk sekitar pantai. Karena, racikan bumbunya tentu berbeda dengan olahan cumi yang biasa dinikmati di tempat lain.

6. Olahan Kerang yang Dijajakan di Sekitar Pantai

Kerang di Indonesia terbagi menjadi beberapa jenis dan dimasak dengan cara yang bervariasi. Bahkan, kementerian pertanian Amerika Serikat mengungkapkan bahwa kerang adalah salah satu seafood populer yang banyak diminati.

Mengunjungi pantai tidak lengkap rasanya jika belum menyantap aneka menu seafoodnya seperti kerang. Di pantai ini, Anda bisa mencicipi sajian kerang segar, hasil tangkapan penduduk yang berprofesi sebagai nelayan.

Selain itu, kerang hasil tangkapan laut ini dijual di warung sekitar pantai, serta diracik dengan bumbu khas. Anda bisa menikmati panorama pantai sembari menyantap hidangan kerang yang menggugah selera.

Mengunjungi suatu tempat, rasanya belum lengkap jika belum menikmati makanan khas daerah tersebut. Pantai Ngobaran merupakan destinasi wisata yang identik dengan kuliner seafood, Anda bisa menikmati sajian itu sambil menikmati keindahan pantai.